Pendahuluan
Perkembangan teknologi yang semakin
canggih telah membawa perubahan pada masyarakat Indonesia, yaitu dengan adanya
internet yang memungkinkan bagi seseorang untuk melakukan komunikasi dengan
pihak lain tanpa dibatasi waktu dan jarak. Hal ini juga yang kemudian
memengaruhi gaya hidup masyarakat Indonesia dengan adanya tren belanja online
melalui internet. Kegiatan belanja online merupakan cara baru dalam
melakukan transaksi.
Dalam kegiatan ini pembeli dan
penjual tidak bertemu secara langsung seperti halnya proses penjualan biasa.
Efisiensi waktu dan juga efektifitas dalam proses transaksi merupakan hal yang
membuat konsumen tertarik untuk melakukan belanja online. Penjual akan
menggunakan internet untuk menampilkan situs yang mereka miliki sebagai toko dengan
segala produk yang ditawarkan kepada konsumen. Kemudian konsumen sebagai
pembeli juga akan melihat dan memutuskan untuk membeli produk yang ditawarkan
melalui situs yang ada.
Saya pun pernah berbelanja online
disalah satu website belanja online yaitu Shopee. Belanja di shopee lebih
efektif dan efisien karena kita hanya perlu mendownload aplikasi tersebut. Lalu
melakukan registrasi akun setelah akun aktif kita bisa melakukan proses
pemilihan produk yang tersedia, sesuai kategori yang telah disediakan oleh
shopee dan untuk pembayaran tersedia seluruh bank jadi kita hanya perlu memilih
sesuai keinginan kita, selanjutnya ada subsidi ongkos kirim setiap berbelanja
minimal Rp 90.000. Satu lagi keuntungan saat berbelanja di Shopee yaitu kita
bisa meminta pengembalian produk apalagi produk yang diterima tidak sesuai
dengan yang ditawarkan. Dan terdapat review dari konsumen dari produk tersebut
mengenai penilaian produknya. Saya belum pernah mengalami kasus yang
mengecewakan dalam pembelian barang secara online , sekalipun pernah karena
produk yang saya terima patah dan saya meminta pengembalian uang, akhirnya uang
tersebut masuk kedalam saldo akun shopee saya.
Teori
Setiap manusia pasti pernah
melakukan komunikasi, keberhasilan komunikasi ditentukan oleh kecakapan
seseorang ataupun kelompoknya apakah pesan yang disampaikan diterima dengan
baik oleh sipenerima pesan atau tidak. Ada 7 aspek yang menyebabkan komunikasi
dapat terjadi , yaitu :
1.
Adanya
Manusia
2.
Adanya
Pesan
3.
Saluran
4.
Gangguan
5.
Konteks
6.
Umpan
Balik
7.
Pengaruh
Proses Komunikasi, Menurut Bovee dan Thill (2006:8), proses
komunikasi terdiri dari 6 (enam) tahap, yaitu:
1) Pengirim mempunyai suatu ide atau gagasan.
Sebelum proses penyampaian pesan dapat dilakukan, maka pengirim
pesan (sender) harus menyiapkan ide atau gagasan apa yang ingin
disampaikan kepada pihak lain atau receiver.
2) Pengirim mengubah ide menjadi suatu pesan .
Dalam suatu proses komunikasi, tidak semua ide dapat diterima atau
dimengerti dengan sempurna. proses komunikasi dimulai dengan adanya ide dalam
pikiran, yang lalu diubah kedalam bentuk pesan, pesan seperti dalam bentuk
kata-kata, ekspresi wajah, dan sejenisnya, untuk kemudian dipindahkan kepada
orang lain.
3) Pengirim menyampaikan pesan.
Setelah mengubah ide-ide ke
dalam suatu pesan, tahap berikutnya adalah memindahkan atau menyampaikan pesan
melalui berbagai saluran yang ada kepada si penerima pasan. Rantai saluran
komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan terkadang relatif pendek,
namun ada juga yang cukup panjang. Panjang pendeknya rantai saluran komunikasi
yang digunakan akan berpengaruh terhadap efektifitas penyampaian pesan.
4) Penerima menerima pesan .
Komunikasi antara seseorang dengan orang lain akan terjadi, bila
pengirim mengirimkan suatu pesan dan penerima menerima pesan tersebut. Jika
seseorang mengirim sepucuk surat, komunikasi baru bisa terjalin bila penerima
surat telah membaca dan memahami isinya.
5) Penerima menafsirkan pesan .
Setelah penerima menerima suatu pesan, tahap berikutnya adalah bagaimana
ia dapat menafsirkan pesan. Suatu pesan yang disampaikan pengirim harus mudah
dimengerti dan tersimpan didalam benak pikiran si penerima pesan.
Selanjutnya, suatu pesan baru dapat ditafsirkan secara benar bila penerima
pasan telah memahami isi pesan sebagaiman yang dimaksud oleh pemgirim pesan.
6) Penerima memberi tanggapan dan mengirim umpan balik
kepada pengirim Umpan balik
(feedback) adalah penghubung akhir dalam suatu mata rantai komunikasi,
Ia merupakan tanggapan penerima pesan yang memungkinkan pengirim untuk menilai
efektivitas suatu pesan.
Analisis
Dalam hal ini , saya menganalisis
bahwa didalam proses pemesanan barang secara online telah sesuai dengan
proses komunikasi pada umumnya dalam melibatkan unsur komunikasi, karena dalam
transaksi pemesanan barang secara online lebih diutamakan komunikasi
antara penjual dan pembeli.
Didalam pemesanan barang secara online
hal yang pertama terjadi pasti pengirim mempunyai ide / gagasan mengenai
produk apa yang akan dibeli, langkah selanjutnya setelah pengirim menentukan
produk apa yang akan dibeli kemudain pengirim mengubah suatu ide / gagasan
tersebut menjadi sebuah pesan yang akan dikirimkan kepada si penerima (toko online),
langkah berikutnya penerima (toko online) menerima pesan yang telah
dikirimkan oleh si pengirim pesan (konsumen) mengenai produk apa yang akan
dibeli biasanya didalam akun shopee konsumen tidak perlu melakukan pengisian
biodata ulang karena data konsumen telah terverifikasi,langkah selanjutnya si
penerima (toko online) menafsrikan pesan yang diterima oleh si pengirim
pesan apakah pesan yang dikirim sesuai dengan barang ynag tersedia , hal ini
merupakan yang terpenting apabila si penerima pesan salah menerima pesan maka
pesanan pun bisa tidak sesuai dengan apa yang diharapkan konsumen, langkah
terakhir yaitu penerima memberikan umpan balik biasanya dalam hal berbelanja di
toko online , umpan baliknya berupa proses packing barang atau
barang telah dikirim jika barang tersedia, apabila barang tidak tersedia maka
si penerima pesan bisa memberikan informasi kepada si pengirim pesan , agar
pengirim pesan bisa memberikan alternatif pilihan produk yang lain jika si
pengirim menginginkan.
Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa kasus pemesanan barang online akan sesuai dengan apa yang diingikan konsumen
apabila melibatkan unsur komunikasi yang sesuai dan dengan proses komunikasi
yang benar.
Daftar Pustaka
http://komunitaskomunikasi55.blogspot.co.id/2015/09/menurut-bovee-dan-thill-20068-proses.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar