Senin, 02 Oktober 2017

Kasus tentang bagaimana proses pemesanan barang secara online.


Pendahuluan

Perkembangan teknologi yang semakin canggih telah membawa perubahan pada masyarakat Indonesia, yaitu dengan adanya internet yang memungkinkan bagi seseorang untuk melakukan komunikasi dengan pihak lain tanpa dibatasi waktu dan jarak. Hal ini juga yang kemudian memengaruhi gaya hidup masyarakat Indonesia dengan adanya tren belanja online melalui internet. Kegiatan belanja online merupakan cara baru dalam melakukan transaksi.

Dalam kegiatan ini pembeli dan penjual tidak bertemu secara langsung seperti halnya proses penjualan biasa. Efisiensi waktu dan juga efektifitas dalam proses transaksi merupakan hal yang membuat konsumen tertarik untuk melakukan belanja online. Penjual akan menggunakan internet untuk menampilkan situs yang mereka miliki sebagai toko dengan segala produk yang ditawarkan kepada konsumen. Kemudian konsumen sebagai pembeli juga akan melihat dan memutuskan untuk membeli produk yang ditawarkan melalui situs yang ada.

Saya pun pernah berbelanja online disalah satu website belanja online yaitu Shopee. Belanja di shopee lebih efektif dan efisien karena kita hanya perlu mendownload aplikasi tersebut. Lalu melakukan registrasi akun setelah akun aktif kita bisa melakukan proses pemilihan produk yang tersedia, sesuai kategori yang telah disediakan oleh shopee dan untuk pembayaran tersedia seluruh bank jadi kita hanya perlu memilih sesuai keinginan kita, selanjutnya ada subsidi ongkos kirim setiap berbelanja minimal Rp 90.000. Satu lagi keuntungan saat berbelanja di Shopee yaitu kita bisa meminta pengembalian produk apalagi produk yang diterima tidak sesuai dengan yang ditawarkan. Dan terdapat review dari konsumen dari produk tersebut mengenai penilaian produknya. Saya belum pernah mengalami kasus yang mengecewakan dalam pembelian barang secara online , sekalipun pernah karena produk yang saya terima patah dan saya meminta pengembalian uang, akhirnya uang tersebut masuk kedalam saldo akun shopee saya.

Teori

Setiap manusia pasti pernah melakukan komunikasi, keberhasilan komunikasi ditentukan oleh kecakapan seseorang ataupun kelompoknya apakah pesan yang disampaikan diterima dengan baik oleh sipenerima pesan atau tidak. Ada 7 aspek yang menyebabkan komunikasi dapat terjadi , yaitu :
1.      Adanya Manusia
2.      Adanya Pesan
3.      Saluran
4.      Gangguan
5.      Konteks
6.      Umpan Balik
7.      Pengaruh

Proses Komunikasi, Menurut Bovee dan Thill (2006:8), proses komunikasi terdiri dari 6 (enam) tahap, yaitu:

1)   Pengirim mempunyai suatu ide atau gagasan.
Sebelum proses penyampaian pesan dapat dilakukan, maka pengirim pesan (sender) harus menyiapkan ide atau gagasan apa yang ingin disampaikan kepada pihak lain atau receiver.

2) Pengirim mengubah ide menjadi suatu pesan .
Dalam suatu proses komunikasi, tidak semua ide dapat diterima atau dimengerti dengan sempurna. proses komunikasi dimulai dengan adanya ide dalam pikiran, yang lalu diubah kedalam bentuk pesan, pesan seperti dalam bentuk kata-kata, ekspresi wajah, dan sejenisnya, untuk kemudian dipindahkan kepada orang lain.

3)  Pengirim menyampaikan pesan.
 Setelah mengubah ide-ide ke dalam suatu pesan, tahap berikutnya adalah memindahkan atau menyampaikan pesan melalui berbagai saluran yang ada kepada si penerima pasan. Rantai saluran komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan terkadang relatif pendek, namun ada juga yang cukup panjang. Panjang pendeknya rantai saluran komunikasi yang digunakan akan berpengaruh terhadap efektifitas penyampaian pesan.

4)    Penerima menerima pesan .
Komunikasi antara seseorang dengan orang lain akan terjadi, bila pengirim mengirimkan suatu pesan dan penerima menerima pesan tersebut. Jika seseorang mengirim sepucuk surat, komunikasi baru bisa terjalin bila penerima surat telah membaca dan memahami isinya.

5)    Penerima menafsirkan pesan .
Setelah penerima menerima suatu pesan, tahap berikutnya adalah bagaimana ia dapat menafsirkan pesan. Suatu pesan yang disampaikan pengirim harus mudah dimengerti dan tersimpan didalam  benak pikiran si penerima pesan. Selanjutnya, suatu pesan baru dapat ditafsirkan secara benar bila penerima pasan telah memahami isi pesan sebagaiman yang dimaksud oleh pemgirim pesan.

6)    Penerima memberi tanggapan dan mengirim umpan balik
 kepada pengirim Umpan balik (feedback) adalah penghubung akhir dalam suatu mata rantai komunikasi, Ia merupakan tanggapan penerima pesan yang memungkinkan pengirim untuk menilai efektivitas suatu pesan.

Analisis

Dalam hal ini , saya menganalisis bahwa didalam proses pemesanan barang secara online telah sesuai dengan proses komunikasi pada umumnya dalam melibatkan unsur komunikasi, karena dalam transaksi pemesanan barang secara online lebih diutamakan komunikasi antara penjual dan pembeli.

Didalam pemesanan barang secara online hal yang pertama terjadi pasti pengirim mempunyai ide / gagasan mengenai produk apa yang akan dibeli, langkah selanjutnya setelah pengirim menentukan produk apa yang akan dibeli kemudain pengirim mengubah suatu ide / gagasan tersebut menjadi sebuah pesan yang akan dikirimkan kepada si penerima (toko online), langkah berikutnya penerima (toko online) menerima pesan yang telah dikirimkan oleh si pengirim pesan (konsumen) mengenai produk apa yang akan dibeli biasanya didalam akun shopee konsumen tidak perlu melakukan pengisian biodata ulang karena data konsumen telah terverifikasi,langkah selanjutnya si penerima (toko online) menafsrikan pesan yang diterima oleh si pengirim pesan apakah pesan yang dikirim sesuai dengan barang ynag tersedia , hal ini merupakan yang terpenting apabila si penerima pesan salah menerima pesan maka pesanan pun bisa tidak sesuai dengan apa yang diharapkan konsumen, langkah terakhir yaitu penerima memberikan umpan balik biasanya dalam hal berbelanja di toko online , umpan baliknya berupa proses packing barang atau barang telah dikirim jika barang tersedia, apabila barang tidak tersedia maka si penerima pesan bisa memberikan informasi kepada si pengirim pesan , agar pengirim pesan bisa memberikan alternatif pilihan produk yang lain jika si pengirim menginginkan.


Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kasus pemesanan barang online  akan sesuai dengan apa yang diingikan konsumen apabila melibatkan unsur komunikasi yang sesuai dan dengan proses komunikasi yang benar.

Daftar Pustaka

http://komunitaskomunikasi55.blogspot.co.id/2015/09/menurut-bovee-dan-thill-20068-proses.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar